Minggu, 11 Juli 2010

KEMANA ARAH PENDIDIKAN KITA ...


Kurikulum pendidikan yang disampaikan guru di sekolah daerah tidak sesuai dengan realita kehidupan para murid sehari-hari. Banyak contoh soal mengacu para realitas kehidupan perkotaan. Hal ini dinilai tidak efektif dalam proses belajar dan mengajar, terutama untuk anak-anak yang berada di pedalaman.

Kurikulum yang selama ini disampaikan tidak sesuai realita yang ada di daerah. Contohnya saja saat di soal ada pertanyaan mengenai Kereta Api. Kami yang tinggal di Mempawah tidak kenal dengan Kereta Api dan tidak tahu mengenai Kereta Api.

Ada kecenderungan kurikulum pendidikan di daerah disamaratakan dengan kurikulum di pusat. Kencenderungan ini membuat bahan pengajaran kerap tidak kontekstual dengan kondisi dan lingkungan peserta didik.

Bagaimana sekarang Tanggapan Guru-guru di daerah untuk Hal seperti ini ???