Rabu, 27 Juli 2011

Baca Konten Wikipedia Offline dengan KIWIX

Wikipedia.com sudah menjadi acuan “de-facto” terhadap berbagai macam pengetahuan. Pertanyaannya, apakah kita dapat membaca konten Wikipedia secara offline?
Salah satu alternatifnya adalah menggunakan aplikasi KIWIX yang bersifat opensource dan menggunakan lisensi GPL3 (General Public Licence). Artinya, kita bebas menggunakan, memodifikasi, maupun mendistribusikannya. Silakan kunjungi alamat www.kiwix.org. Saat artikel ini kami tulis, KIWIX berada pada angka rilis 0.9 Alpha. Kami sempat mengunjungi alamat http://sourceforge.net/projects/kiwix/files dan melihat bahwa tersedia berkas paket instalasi untuk platform sistem operasi Linux (tar.bz2), Windows (Win.Zip), MacOS (intel.dmg), serta Ubuntu-Linux (.deb).



KIWIX menyimpan konten Wikipedia dalam format berkas .ZIM. Silakan men-downloadnya di alamat http://www.kiwix.org/index.php/Main_Page#Wikipedia_files. Ukuran berkas konten Wikipedia ini cukup besar, yaitu 3,7 GB untuk yang menggunakan dukungan bahasa Inggris dan berisi 45000 artikel. Pilihan berkas ZIM yang berbahasa Indonesia belum tersedia.
Menariknya, KIWIX menyediakan fitur konversi ke dalam format berkas PDF

Sumber : PC Plus Online diambil tanggal 27 Juli 2011