Kamis, 23 September 2010

Pasar Godean berada di wilayah Kecamatan Godean, kabupaten Sleman. Letaknya Stategis, di poros utama jalan penghubung dari wilayah Kulon Progo ke Jogja. Kalau dari Jogja, lewat jalan Godean barat lurus, tidak belok-belok, sekitar 10 km maka nanti akan sampai pasar Godean.

Pasar Godean ini lumayan terkenal, sebenarnya Godean lebih dulu dikenal orang sebagai penghasil GENTING Press. Dahulu waktu saya kecil pasar Godean ini banyak penjual Tape telo (Tapai dari singkong) di pintu masuknya. Tetapi sekarang

Pasar Godean sekarang ini lebih terkenal dengan Peyek BELUT. Harganya sekitar 50ribu sampai 70ribu per kilogram tergantung kualitas, rasanya yang gurih dan banyak proteinnya, membuat Peyek Belut ini laris manis sebagai oleh-oleh untuk camilan.

Ada lagi olahan belut yang khas yaitu sayur belut, sebenarnya bisa langsung dimakan diwarung, atau juga bisa dibeli dan dimakan di rumah. Penjual sayur belut ini ada di selatan jalan berseberangan dengan penjual peyek belut. Buka selapas asyar, sampai habis, tapi biasanya isya sudah habis.

Pasar Godean ini pasar yang tidak pernah tidur dari aktifitas, kalau siang jelas pasarnya yang menggerakkan sendi perekonomian, menjelang sore, bakul Gorengan, Getuk, Kue, Bubur mulai menggelar dagangan, lalu malam harinya dominan, Warung Koboi, Pecel Lele dan tentu saja Bakmi Jawa. Jam berapapun anda ingin makan malam, Insya Allah tetap ada saja warung yang masih buka.

Jadi monggo mampir ke Pasar Godean jika sekali waktu anda berkunjung ke daerah Sleman barat.