Senin, 27 September 2010

SMA NEGERI 1 GODEAN JOGJAKARTA


Saya termasuk siswa SMA Negeri 1 Godean pada angkatan ke II atau dulu disebut dengan “DWITAMA” dan memakai pakaian abu-abu putih di SMA Negeri 1 Godean tahun 1987 – 1990. Jadi secara pribadi benar-benar merasakan kenangan yang berbeda dengan angkatan sekarang yang sudah menempati megahnya gedung SMA Negeri 1 Godean yang sekarang.

Pada saat pertama masuk gedung masih menumpang di SMA Negeri 2 Yogyakarta dan masuk pada sore hari, sehingga pada awal SMA kami sering menyebut sekolah kami dengan istilah “SMADA SENJA” atau sekolah di SMA 2 pada senja hari. Dan itu harus kami jalani selama 1 semester. Pada saat Ulangan umum semester ganjil tahun ajaran 1987/1988 kami pindah gedung sekolah baru yang sekarang.

Pada semester II masih ditahun ajaran 1987/1988 itu kami harus membersihkan sekolah yang bekas sawah tersebut dengan ekstra kurikuler wajib pertanian dengan tugas membersihkan semak-semak dan menanam pohon di dalam kompleks sekolah.

Sekarang setelah 22 tahun itu berlalu saya temukan kembali data tentang sekolah tercintaku dulu. Dan sekaranglah kesempatanku untuk meneruskan apa yang telah diberikan oleh guru-guru yang dulu mengajarku dengan berbakti di SMA Negeri 1 Mempawah Kabupaten Pontianak Kalimantan Barat.

Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Godean merupakan unit sekolah baru yang berdiri di Kabupaten Sleman pada tanggal 22 Desember 1986. Secara umum, SMA Negeri 1 Godean mempunyai peserta didik sebanyak 439 siswa. Input siswa SMA Negeri 1 Godean pada tahun 2007-2008 NEM tertinggi 28,73 dan terendah 26,13.

SMA Negeri 1 Godean

Informasi

Didirikan

22 Desember 1986

Jenis

Negeri

Akreditasi

A

Kepala Sekolah

Drs. Bagus Sukendro

Jumlah kelas

4 kelas setiap tingkat

Program jurusan

IPA dan IPS

Rentang kelas

X, XI IPA, XI IPS, XII IPA, XII IPS

Kurikulum

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Alamat

Lokasi

Jalan Sidokarto Nomor 5 Sidokarto Godean Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta,

Telp./Fax

(0274)798128










1. Sejarah

Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Godean ini berdiri pada tahun 1986 dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0887/0/1986 Tanggal 22 Desember 1986. Pada awal berdirinya, sekolah ini diselenggarakan pada siang-sore hari di SMA Negeri 2 Yogyakarta, dan yang menjalankan tugas sebagai kepala sekolah adalah Drs. Soedaryo, kepala SMA Negeri 2 Yogyakarta pada waktu itu.

Aktivitas pembelajaran dan persekolahan menempati gedung baru di Dusun Nogosari Sidokarto Godean Sleman setelah bangunan siap digunakan pada tahun 1987. Pembelajaran di tempat yang baru ini pun berlangsung dengan sangat sederhana, karena sampai dengan tahun 1988 gedung yang ditempati belum memiliki aliran listrik. Saluran telepon baru tersambung pada tahun 1989 setelah memiliki kepala sekolah definitif, Drs. RM Brotohardono, yang semula adalah guru matematika di SMA Negeri 3 Yogyakarta.

Didukung oleh tenaga pendidik dan kependidikan yang relatif masih muda ketika itu, SMA Negeri 1 Godean melaksanakan aktivitas pembelajaran dan persekolahan yang semakin lama semakin berkembang dengan percepatan yang sangat signifikan. Pada umur sekolah yang belum ada satu dasawarsa, sekolah ini telah menunjukkan prestasi akademik yang membanggakan, antara lain rata-rata nilai pada Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional (EBTANAS) yang relatif tinggi, selalu masuk dalam lima besar sekolah menengah atas di Kabupaten Sleman. Sekolah ini juga dikenal sebagai sekolah yang para muridnya disiplin terhadap peraturan-peraturan dan tata tertib sekolah.

Tanpa bermaksud mengabaikan para tenaga pendidik yang sekarang, tetapi prestasi ini tidak lepas dari kegigihan dan kerja keras para tenaga pendidik yang mengampu di sekolah ini di awal-awal berdirinya, seperti Drs. Soenaryo (sekarang pengawas pendidikan di Kabupaten Bantul), Drs. Soeharno (sekarang kepala sekolah di SMA Negeri 1 Ngaglik), Selamet, Drs. Agus Santosa (sekarang guru pada SMA Negeri 3 Yogyakarta), Tri Sujatwati, Dra. Dwi Astuti, Dra. Agnes Ruwiyati (sekarang mengajar di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur), Drs. Karmanto, Drs. Samijo (sekarang kepala SMA Negeri 1 Minggir), An Widuratmi, dan karena terbatasnya tenaga pendidik ketika itu, aktifitas pembelajaran dan pendidikan didukung oleh guru-guru dari SMA Negeri 2 Yogyakarta. Juga dukungan dari tenaga kependidikan di kantor tata usaha di awal berdirinya, seperti Heruyanto, Marsiwi, Amie Dwi Sukesi, Suyatmi, dan Sarmijo.

2. Lokasi

SMA Negeri 1 Godean berlokasi di Jalan Sidokarto Nomor 5, Dusun Nogosari, Kalurahan Sidokarto Kecamatan Godean Sleman, berdiri di atas lahan seluas ± 9.865 meter persegi, yang semula merupakan lahan kas desa. .

3. Kepala Sekolah

Sejak berdiri pada tahun 1986, SMA Negeri 1odean telah dipimpin oleh tujuh kepala sekolah secara bergantian, sebagai berikut.

  1. Drs. Sudaryo (YMT) 1986-1988 (Kepala SMA Negeri 2 Yogyakarta).
  2. Drs. RM Broto Hardono, 1988-1992 (Kepala Sekolah definitif pertama, dipindahtugaskan menjadi Kepala SMA Negeri 5 Yogyakarta, dan sekarang telah purna tugas)
  3. Drs. Satiman Harjo Utomo, 1992-1999 (Almarhum)
  4. Drs. Sulistiyo (YMT), 1999-1999 (Kepala SMA Negeri 1 Gamping)
  5. Drs. Timbul Mulyono, 1999-2001 (Sekarang Kepala SMA Negeri 10 Yogyakarta)
  6. Drs. Tulus Raharjo, 2001-2004 (Sekarang Kepala SMA Negeri 1 Sleman)
  7. Drs. Drs.Bagus Sukendro, 2004 - sekarang.

4. Tenaga Pendidik

Kegiatan pembelajaran dan pendidikan di SMA Negeri 1 Godean didukung dan dilaksanakan oleh 36 orang guru, terdiri atas 34 orang guru tetap (PNS) dengan kualifikasi lulusan S-1, dan 3 orang guru tidak tetap dengan kualifikasi pendidikan S-2 dan D-3.

Di antara para tenaga pendidik tersebut adalah: Drs. Bagus Sukendro (Kepala Sekolah/Fisika), Drs. Edy Purnama (Fisika), Drs. Karmanto (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan), Drs. Widiatmono (PKn), Dra. MA Purwandari (Sosiologi), Drs. Sutarto (Matematika), Selamet, S.Pd. (Fisika), Dwi Astuti, S.Pd. (Bahasa Indonesia), Endang Wibowo Retnoningrum, S.Pd. (Biologi), Dra. Laily Wahyuningsih (Sejarah), Drs. Mahfud (Kimia), Dra. Siwi Hayati (Bahasa Indonesia), Sarjilah, S.Pd. (Biologi), Drs. Zamahsari (Bimbingan dan Konseling), An Widuratmi, S.Pd. (Bahasa Inggris), Iswardhani, S.Pd. (Bahasa Inggris), Dra. Siwi Hayati (Bahasa Indonesia), Drs. Tariman (Geografi), Drs. Suparjo (Ekonomi), dan sebagainya.

5. Sarana dan Prasarana

Dari segi infrastruktur sekolah ini terus berkembang dibandingkan dengan awal berdirinya, saat ini bangunan sudah kelihatan mewah dan megah, dengan gedung utama berlantai dua, dan telah dilengkapi dengan wifi (hotspots area).

Ruang-ruang dan fasilitas yang ada di SMA Negeri 1 Godean, antara lain:

  1. Ruang kelas sebanyak 23 ruang
  2. Ruang perpustakaan
  3. Ruang Laboratorium Biologi
  4. Ruang Laboratorium Kimia
  5. Ruang Laboratorium Fisika
  6. Ruang Komputer
  7. Ruang Multi Media
  8. Ruang Sanggar Musyawarah Guru Mata Pelajaran
  9. Ruang Kepala Sekolah
  10. Ruang Guru
  11. Ruang Bimbingan dan Konseling
  12. Ruang Piket
  13. Lapangan Basket
  14. Lapangan Volley Ball
  15. Halaman Parkir
  16. Masjid Baitus-Salam
  17. Kantin
  18. Green House